banner

Berbagi Darah

Berbagi Darah

GKJW Caruban Donor Darah
Berbagi Darah
“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal”

Nukilan ayat Yohanes 3:16 yang menjadi dasar stempel GKJW di atas, sejatinya menegaskan akan kasih Tuhan Allah yang senantiasa merindukan terwujudnya keselamatan bagi seluruh umat kepunyaan-Nya.

Di dalam Sang Kristus Yesus, Tuhan Allah merealisasikan kerinduan-Nya. Tuhan memilih mengosongkan diri, Sang Pencipta bersedia menjadi manusia, dan mengorbankan diri-Nya sendiri demi menebus dosa umat manusia. Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus membagikan Tubuh dan Darah-Nya sendiri, supaya oleh kematian-Nya, manusia beroleh kehidupan yang kekal. Dalam rangka merayakan dan mengenang peristiwa tersebut maka rangkaian kegiatan dilakukan oleh jemaat Caruban selama Masa Raya Paskah 2016.

Awalnya, di masa pra-paskah, melalui diskusi dan dialog berkala yang lazim dilakukan dalam kebaktian rukun warga, disepakati untuk melakukan aksi puasa/berpantang. Bentuk puasa dan pantangannya dipilih secara mandiri oleh warga. Ada yang berpantang untuk tidak cerewet kepada anak, ada yang berpantang untuk marah, ada yang pantang bermain internet tanpa keperluan yang jelas, ada puasa nasi, puasa makan daging dan macam-macam lagi. Melalui aksi puasa, diharapkan semangat pertobatan dan komitmen untuk hidup seturut dengan kualitas manusia baru dapat terwujud.

Diadakan pula ibadat malam getsemane atau yang juga disebut sebagai ibadat kamis putih disertai ritual pembasuhan kaki, oleh pendeta kepada anggota majelis, dan oleh anggota majelis kepada seluruh warga jemaat. Ritual pembasuhan kaki yang rutin dilakukan setiap ibadat kamis putih, diadakan demi meneladani laku hidup yang dilakoni Tuhan Yesus kepada murid-muridNya. Melaluinya, ditegaskan keharusan para “sedulur tunggal banyu” untuk saling mengasihi, dan melayani satu sama lain.

Selanjutnya pada perayaan Jumat Agung, dilayankan perjamuan kudus demi menandai kasih Tuhan yang dengan rela membagikan Tubuh dan darah-Nya. Sebagai aksi konkrit, selepas ibadat jemaat diundang pula untuk turut berbagi darah, dengan cara melakukan donor darah.

Selepas ibadat hening di Sabtu sunyi yang lebih mengedepankan semangat kontemplasi ala Taize, maka sebagai puncaknya pada Minggu subuh, pukul 05.00 pagi diadakan perayaan Paskah. Pukul 05.00 pagi sengaja dipilih untuk memperkuat penghayatan paskah, khususnya tatkala kegelapan sirna digantikan oleh Kristus Yesus, “Sang Sejatining Nur” (janur), Sang Terang yang terbit di pagi yang cerah. Untuk menandainya, juga dibagikan salib-salib kecil buatan tangan para anak kelas balita dan pratama kepada warga jemaat. Keceriaan paskah menjadi lengkap saat Komisi Pembinaan Pelayanan melalui pokja tenaga kesehatan yang dipimpin oleh dr.Demma, melakukan cek kesehatan rutin bagi warga jemaat dan warga sekitar gereja. Rohani yang sehat tentunya harus dibarengi dengan tubuh yang bugar pula.

Di atas semua itu, karena Tuhan Allah telah terlebih dahulu mengasihi dan membagikan diri-Nya, maka adalah sebuah hal yang indah ketika selaku umat
kepunyaan-Nya, setiap kita dimampukan untuk juga berbagi.




gosip Berbagi Darah. sejarah Berbagi Darah. cerita Berbagi Darah. headline Berbagi Darah. bulletin Berbagi Darah. broadcast Berbagi Darah. pengetahuan Berbagi Darah. data Berbagi Darah. informasi Berbagi Darah. info Berbagi Darah. top sites Berbagi Darah. pencarian Berbagi Darah. laporan Berbagi Darah. lokasi Berbagi Darah. Hot Page Berbagi Darah. Produk Berbagi Darah. Hot Topic Berbagi Darah. gambar Berbagi Darah. wallpaper Berbagi Darah. artikel Berbagi Darah. BAB Berbagi Darah. Makalah Berbagi Darah. Proposal Berbagi Darah. Essay Berbagi Darah. Skripsi Berbagi Darah. Paper Berbagi Darah. Tesis Berbagi Darah. Paragraf Berbagi Darah. Kasus Berbagi Darah. Karangan Berbagi Darah. Youtube Berbagi Darah. Video Berbagi Darah
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.