banner

Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan

Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan

Natal 2017 GKJW Jemaat Caruban
Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan
Sukacita dalam kesederhanaan, itulah pesan natal di GKJW Caruban tahun 2016 yang lalu. Baru saja kami lewati perayaan natal 2016 bersamaan dengan refleksi tutup tahun, yaitu tanggal 31 Desember 2016, pukul 17.00 wib.

Pesta, perayaan, selalu akan identik dengan hura-hura, dana besar, dan kegembiraan yang meluap-luap. Namun rupanya bukan pesan itu yang hendak disampaikan dalam perayaan natal GKJW Caruban. Semangat membumi dan kesederhanaan seperti yang telah dicontohkan secara nyata kelahiran bayi pembawa kabar sukacita, Yesus Sang Kristus, dalam palungan sederhana. “Keadaan atau kondisi yang tidak ideal tidak akan menghalangi seseorang dalam mencapai tujuan terbaik dalam hidupnya. Seseorang bisa tetap sukses walaupun hidup dalam kesederhanaan”, demikian kata Ipen (Ibu Pendeta) Sevi Niasari dalam pesan natal kali ini.

Para pemuda diikuti adik-adik madya mevisualisasikan secara apik dalam fragmen natal ini. Diawali dengan inspirasi cerita dari peristiwa-peristiwa di sekeliling kita, seperti pamer handphone atau gadget, sekat sosial dalam pertemanan, yang kemudian berlanjut menimbulkan kesenjangan antara teman. Bahkan timbulnya kesenjangan komunikasi dalam keluarga, dibawakan penuh percaya diri oleh para pemuda yang melakonkan peran dalam fragmen. Paling tidak ini adalah pengingat bagi kita, bahwa tutup tahun bahkan tahun baru tidak selalu harus dihiasi dengan tuntutan, sesuatu yang baru, baju baru, handphone baru, perhiasan baru, atau bahkan kendaraan baru. “Semangat natal adalah semangat memberi berkat untuk orang lain, bukan sekedar mencari berkat untuk diri sendiri”, demikian tutup Ipen Sevi Niasari dalam pesan natalnya, menguraikan tema natal tahun ini : “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud..” (Lukas 2:11).

Seiring dengan pesan natal tersebut tak lupa GKJW Caruban mengundang perwakilan muspika, sebagai bentuk pendekatan diri gereja dalam lingkungan, inklusifisme dan membentuk jaringan komunikasi sosial. Kata sambutan diberikan oleh Aiptu Sutrisno perwakilan dari Polsek Mejayan. Aiptu Sutrisno tak lupa memberikan apresiasi kepada jemaat GKJW Caruban. “Ketika berbagai kalangan masyarakat merayakan tahun baru di jalan, bagus sekali seandainya bisa berkumpul di gereja seperti ini dan ikut menjaga ketertiban”, demikian puji Aiptu Sutrisno. Tak lupa GKJW Caruban mengundang perwakilan gereja-gereja di Caruban, sebagai bentuk merekatkan diri dalam persekutuan oikumene.

Ketika masuk dalam prosesi penyalaan lilin, sambil dilantunkan lagu Malam Kudus, ada beberapa perwakilan yang diundang bersama sebagai bentuk simbol penyalaan terang dalam kegelapan. Antara lain wakil dari Koramil Mejayan : Bpk Eddy, wakil dari Polsek Mejayan : Bpk Agung, wakil dari pepanthan Durenan : Bpk Yamadi, dan beberapa perwakilan komisi di GKJW Caruban.

Sebelum masuk dalam penutup dan doa safaat, ada prosesi unik dimana beberapa perwakilan antara lain dari : orang tua dan anak, suami dan istri, kakak dan adik, majelis dan sesepuh gereja, serta gereja ke pepanthan diminta maju ke depan. Dimana setiap orang dipersilahkan memberikan satu buah buket bunga sebagai tanda cinta kasih, sebagai tanda keterikatan dalam kasih Yesus Sang Kristus. Simbol saling memberi hormat, saling memberi tanda cinta. Mengharukan.

Setelah itu, untuk membangkitkan semangat jemaat dalam menyambut tahun baru, sekaligus meyakinkan komitmen memberikan yang terbaik bagi gereja, bagi Tuhan, maka panitia natal juga mengundang Bpk. Tutus dari Madiun selaku konsultan perencana untuk menjelaskan rencana pengembangan gedung GKJW Caruban. Antusias sekali jemaat mendengarkan penjelasan Pak Tutus. Sebagai akhir pungkasan acara, beberapa jemaat diundang ke depan untuk memimpin doa safaat, terutama mendoakan rencana pengembangan gedung gereja dalam tangan rencana Tuhan, yang ditutup oleh Ipen Sevi Niasari.

Bukan tidak mungkin, jumlah keluarga yang kecil GKJW jemaat Caruban, jemaat yang sederhana dan kecil ini jikalau bergantung sepenuhnya pada Tuhan (dalam iman), Tuhan pasti mencukupkan kebutuhan gereja ini. Karena kita dipanggil untuk diberkati dan menjadi berkat. Amin.




gosip Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. sejarah Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. cerita Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. headline Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. bulletin Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. broadcast Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. pengetahuan Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. data Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. informasi Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. info Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. top sites Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. pencarian Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. laporan Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. lokasi Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Hot Page Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Produk Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Hot Topic Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. gambar Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. wallpaper Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. artikel Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. BAB Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Makalah Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Proposal Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Essay Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Skripsi Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Paper Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Tesis Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Paragraf Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Kasus Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Karangan Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Youtube Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan. Video Natal, Sukacita Dalam Kesederhanaan
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.